Thursday, August 12, 2010

Stroke bisa UMROH?

Saya ingin berbagi pengalaman saya membawa Bapak saya yang sakit Stroke ke mekkah, karena dari awal sebelum keberangkatan saya selalu kepikiran tentang akomodasi bapak ini...., nanti gimana disana ya..., kursi roda sewa berapa ya..., dsb...., bahkan saya cari di google juga belum ada yang sharing tentang kasus ini
Jika sanak keluarga anda...ada yang tidak bisa jalan, bisa gak pergi umroh..., saya jawab BISA..., asal ada keluarga yang mendampingi..., terutama untuk handling naik turun bus...

Handling Jakarta Jeddah
Di bandara Soekarno Hatta kita..., tidak ada fasilitas kursi roda, kursi roda ada hanya pada counter penyedia jasa penerbangan...., jadi silakan kontak provider penerbangan anda untuk meminjam kursi roda ini...., menuju pesawat akan diatur oleh provider...

Handling di Madinah/Jeddah
Pastikan bahwa travel anada menyediakan kursi roda disana, jika dipastikan ada, maka tinggal memikirkan siapa yang mendorong, nah saran saya ada 2 laki laki besar untuk mendorong ini (gantian maksud saya), jika sewa disana menurut saya sih agak mahal
Handling di bandara
Jeddah Jakarta
Dari ruang tunggu, kursi roda dijemput dengan mobil khusus untuk menuju pesawat, kursi roda naik, kemudian semacam eskalator mengangkat penumpang ke ruang atas....
Sampai didepan pesawat mobil berhenti, kemudian satu ruangan penumpang khusus ini diangkat ke atas menuju pesawat....
sampai deh di ruang pesawat, tinggal duduk, samapai Jakarta kembali

14 comments:

  1. Anonymous4:28 PM

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, bagaimana mereka yang harus menggunakan kursi roda, bisa beribadah sewaktu di Tanah Suci?

    Apakah bisa Thawaf, Sai dan Sholat di Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi sambil duduk di kursi roda?

    Bagaimana dengan kota Mekah dan Madinah sendiri, apakah cukup diasabled-friendly? Di jalannya maksud saya, seperti dari hotel/penginapan menuju Masjid?

    Berapa biaya sewa kursi roda di Tanah Suci?

    Terima Kasih

    Wassalam
    Dian

    ReplyDelete
  2. terimakasih ....
    Bapak saya bisa ibdah di tanah suci dengan support putra putranya dan cucu cucunya..., kita gantian aja mendorong kursi roda tersebut
    untuk thawaf dan sai kami menyewa potter, 300real untuk 1 kali umroh
    harom dan nabawi dilengkapi jalan untuk pengguna kursi roda, dan pengguna kursi roda boleh sholat didalam masjid, bahkan di harom ada jalur khusus untuk thawaf dan sai di lantai dua
    dinabawi alhamdulilah..., bapak diberikan perlakuan khusus untuk masuk raudhoh...
    kalau umroh hotel paling jauh 500m, sangat memungkinkan untuk pengguna kursi roda...
    sebaiknya tidak menyewa disana..., sangat mahal..., saran saya silakan kontak travel agent untuk menyediakan kursi roda atau bawa dari indonesia

    salam hangat

    ReplyDelete
  3. Anonymous3:12 PM

    Luarbiasa, infonya amat sangat bermanfaat.. Semoga ALLAAH SWT membalas kebaikan anda men-share info ini kepada kami semua.. Saya mau membawa istri saya umroh, tapi beliau lumpuh karena stroke.. Saya berusaha bertanya ksana-kemari tentang bagaimana fasilitas hotel dan juga masjid Al Haramain (Makkah dan Madinah) bisa tidak dimasuki oleh yang berkursi roda.. Info anda ini amat sangat bermanfaat dan makin membulatkan tekad saya membawa istri saya umroh.. BarakaLLAAHu fiik wa jazakaLLAAHu khayran katsira

    ReplyDelete
  4. Anonymous12:33 PM

    amin...semoga bermanfaat, jangan kuatir...Alloh maha penolong.....pasrahkan semua kepada Alloh, mohon petunjukknya..

    salam hangat

    ReplyDelete
  5. Anonymous10:33 AM

    alhamdulillah infonya sangat bermanfaat membuat semakin semangat saya untuk membawa ayah penderita stroke untuk umroh.

    terima kasih

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum warohmatullah,
    membaca tulisan bapak menguatkan niat saya untuk mengajak kakek umroh.
    kondisinya, kakek saya tidak bisa berjalan sehingga harus full dengan kursi roda.
    Yang saya dan keluarga khawatirkan adalah saat masuk ke pesawat waktu di Bandara Soekarno Hatta, ada pelayanan khusus atau bagaimana untuk naik ke pesawat, pak?

    selain itu, untuk naik-turun bus selama di tanah suci, mudah atau tidak?

    jawaban dan informasi dari Bapak sangat saya harapkan,
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  7. Anonymous8:17 AM

    waalaikum salam, dibandara sukarno hatta pelayanan setiap maskapai berbeda beda....mereka memfasilitasi dengan kursi roda, tapi saran saya, bawa kursi roda sendiri saja, pelayanan di indo masih jauh dari sempurna...masih manual...

    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6:22 PM

      Assalamua'laikum wr wb, jujur saya lagi bingung saya dapat jatah umroh dari perusahaan untuk kedua org tua dan saya, Bpk saya struk ,sya masih bingung kira2x bisa engga ya saya berangkat, saya perempuan bersama Ibu, untuk dorong2x bpk dsana.

      Delete
    2. Anonymous8:36 AM

      waalaikum salam, undangan untuk umroh atau haji tidak akan salah alamat ibu, saran saya, silakan diambil, dengan memperhatikan semua aspek saya rasa gak ada masalah, kalau ngedorong, bisa dibantu jaah yang lain kok, kalau memungkinkan bisa mengajak kakak/adik yg laki laki, jadikan umroh ini sebagai media untuk mendekatkan diri ke Alloh...lebih lanjut bisa email saya/sms saya

      salam hangat
      roni

      Delete
  8. Anonymous5:56 PM

    terimakasih sarannya, ya kalo boleh saya minta no. hp y, tq.

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum...infonya sangat bermanfaat..insya allah tahun depan ibu dan bapak saya akan berhaji..dan kondisi bapak sakit harus pakai kursi roda
    Jadi sebaiknya bawa kursi roda sendiri ya?saya masih memikirkan bagaimana nanti disana, saat naik bis krn hanya ada ibu saya yg menemani bapak..

    ReplyDelete
  10. Iis supartini8:50 PM

    Alhamdulillah...terima kasih infonya sangat membantu. InsyaAllah dalam waktu dkt akan umroh bersama ibu yg sakit stroke. Mohon doanya agar dilancarkan segala urusannya.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih sdh share..
    Satu pertanyaan yg mgkn blm sy mengerti..naik-turun bus selama di tanah suci, mudah atau tidak?

    ReplyDelete

Jadilah orang yang selalu optimis, melihat ke depan dan selalu bergerak !!! jangan lupa untuk selalu berpikir positif, dan melakukan hal-hal yang baik...salam hangat dari roni